INILAH ASAL USUL ATTACK ON TITAN !! HAJIME ISAYAMA DAN KAWAKUBO

Setelah lebih dari satu dekade plot twist yang mengejutkan dan misteri tepi kursi Anda, diumumkan dalam Majalah Bessatsu Shounen edisi April 2021 bahwa bab terakhir dari seri fantasi pemecah rekor Shingeki no Kyojin (Attack on Titan) akan akan dirilis pada edisi Mei. Penulis Hajime Isayama dan editor Shintarou Kawakubo duduk bersama kami pada bulan Juni 2017 untuk membahas asal usul manga dan apa yang menjadi intinya. Lihatlah kembali seluruh perjalanan dalam cetak ulang wawancara ini yang berasal dari vol. 42 Februari.

"Aku akan mengatakan itu kebencian"

Saya ingin memulai dengan melihat kembali bagaimana Attack on Titan muncul. Bagaimana Anda pertama kali membayangkan titans?

Isayama: Sejauh yang saya ingat, saya menyukai makhluk raksasa sejak saya masih di taman kanak-kanak dan saya menghabiskan seluruh waktu saya saat itu menggambar dinosaurus. Namun, sama seperti saya menikmati menggambar benda-benda raksasa ini, saya secara bersamaan merasakan ketakutan ini terhadap mereka. Di Jurassic Park, ada adegan yang sangat intens ketika seorang pria melarikan diri dari dinosaurus dan bersembunyi di kamar mandi, tetapi dinosaurus itu hanya menghancurkan kamar mandi dan melahapnya, dan saya ingat melihatnya dan ketakutan tetapi juga merasa aneh, dengan cara.

Dan dinosaurus itu akhirnya berubah menjadi titan?

Isayama: Ya. Sebagian besar mengapa dinosaurus berubah menjadi raksasa adalah karena video game petualangan yang saya suka bernama Muv Luv Alternative. Dalam permainan, umat manusia telah didorong ke ambang kepunahan oleh makhluk luar angkasa besar yang disebut BETA, dan saya menemukan konsep diburu oleh makhluk tak dikenal sebagai hal yang tidak menyenangkan dan mendebarkan. Selain itu, bahwa umat manusia telah direduksi menjadi status yang terancam punah dengan sendirinya sangat menarik. Jadi itulah salah satu titik awal dunia di mana manusia diburu oleh para titan.

Awalnya, Anda pertama kali menggambar satu tembakan Serangan di Titan enam puluh lima halaman dan membawanya ke Kodansha, bukan?

Isayama: Benar. Itu hanya terasa seperti bagian dari pencarian pekerjaan bagi saya. Saat itulah saya bertemu Pak Kawakubo.

Kawakubo: Saya akhirnya muncul di cerita [tertawa]. Saya adalah orang yang menerima one-shot Attack on Titan. Pada saat itu, Mr. Isayama sedang kuliah di sebuah perguruan tinggi teknik di Fukuoka, dan dia berada di sebuah program di sana yang mengharuskan mengirimkan sebuah karya ke penerbit Tokyo.

Isayama: Benar, karena lebih murah untuk pergi sebagai grup, beberapa teman sekelas dan saya berkumpul dan melakukan tur semacam ini, di mana kami pergi ke Tokyo dan berhenti di beberapa penerbit.

Pak Kawakubo, apa kesan Pak Isayama saat masih mahasiswa?

Kawakubo: Mari kita lihat... Saya tidak begitu ingat apa yang saya pikirkan tentang dia secara pribadi [tertawa]. Saya bahkan akan mengatakan dia tidak banyak berubah sejak saat itu. Dia biasanya cukup pendiam, pasti ketika dia di depan umum, tetapi bahkan ketika hanya kami berdua, dia tidak banyak bicara. Dia selalu sopan, itu satu hal yang tidak berubah tentang dia sama sekali.

Oke, kalau begitu, Pak Isayama, apa kesan Anda tentang Pak Kawakubo?

Isayama: "Wah, dia masih muda."

Kawakubo: Itu adalah tahun pertamaku bersama Kodansha.

Isayama: Dan juga, "Dia terlihat sangat lelah."

Kawakubo: [Tertawa] Kadang-kadang dia naik lift yang sama dengan saya di gedung saat saya dalam perjalanan ke tempat kerja. Saya tahu bahwa dia adalah orang yang telah mengirimkan satu tembakan, tetapi saya sebenarnya tidak mengenalnya sama sekali. Bisa dibilang saya bisa melihat wujud aslinya [tertawa].

Isayama: Pada dasarnya, Pak Kawakubo dan saya sama-sama memiliki tekanan darah rendah.

Saya terkejut bahwa Anda berdua begitu santai dan sinkron satu sama lain, meskipun serialnya begitu intens. Apakah Anda lengah saat Tn. Isayama mengirimkan Attack on Titan?

Kawakubo: Saya mengingatnya dengan baik, ceritanya sendiri menarik, tetapi lebih dari itu, Anda bisa merasakan semacam energi dalam gambarnya. Mengingat dia adalah seorang siswa di sekolah teknik, tidak ada yang bisa membandingkannya dengan mangaka profesional, tapi ada sesuatu yang menarik emosimu dari setiap halaman, blok, dan baris. Ini mungkin terdengar seperti berlebihan tetapi, saya akan mengatakan itu adalah kebencian. Itu meninggalkan kesan yang kuat pada saya.


1

Jadi, itu bukan konsep 'titans', melainkan gambarnya.

Kawakubo: Ya. Itu masih tahun pertama saya sejak memasuki perusahaan, dan saya baru ditugaskan di departemen editorial bulan Juni itu. Pak Isayama mendekati kami dengan one-shot-nya di bulan Juli, jadi saya belum membaca manga sebagai editor profesional bahkan selama dua bulan pada saat itu. Saya belum mencapai tingkat di mana saya bisa menganalisis atau menilai manga sebagai editor, dan itulah mengapa saya pikir mungkin saya benar dalam hal uang ketika saya merasakan rasa kebencian yang samar-samar dalam karya seni.

Tiga tahun akan berlalu sebelum Attack on Titan akan diserialkan di majalah Anda. Apa yang Anda lakukan selama itu?

Isayama: Mr. Kawakubo menyuruhku untuk mencoba memenangkan Penghargaan Pendatang Baru (Majalah Shonen Mingguan), jadi untuk sementara aku berhenti mengerjakan Attack on Titan dan membuat cerita yang sepenuhnya terpisah.

Kawakubo: One-shot Attack on Titan-nya pertama kali mendapat penghargaan honorable mention di Manga Grand Prix bulanan yang diadakan oleh departemen editorial majalah, dan akulah yang mengawasi Grand Prix. Namun, karena itu adalah tradisi untuk membuat serial pemenang Penghargaan Pendatang Baru di majalah, saya menyuruhnya untuk menetapkan itu sebagai tujuannya.

Dan itulah mengapa Anda menulis Heart Break One dan orz. Keduanya memenangkan Rookie Award. Dan begitu Anda memiliki kemenangan itu di bawah ikat pinggang Anda, Anda dapat mencapai tujuan Anda menjadi serial.

Isayama: Namun, menurut ingatan saya, cerita yang diserialisasikan telah didorong untuk diserialisasikan bahkan sebelum mendapat penghargaan, kan?

Kawakubo: Ketika orz selesai, saya sangat yakin itu akan memenangkan penghargaan sehingga saya menyarankan agar kami mulai memikirkan rencana untuk membuat serial bahkan sebelum hasilnya diumumkan.

Dan apakah itu rencana untuk membuat serial untuk Attack on Titan?

Isayama: Tidak, saya awalnya membuat sekitar tiga plot untuk pekerjaan yang benar-benar terpisah. Bisa dibilang aku benar-benar lupa tentang itu. Sejauh yang saya ketahui, itu dilakukan setelah saya mendekati Kodansha. Tetapi ketika saya berbicara dengan Mr. Kawakubo tentang tiga plot baru yang saya kerjakan, dia bertanya apakah saya ingin Attack on Titan diserialisasi, dan kemudian saya mengingatnya setelah sekian lama.

Apa yang membuatmu memilih Attack on Titan, Mr. Kawakubo?

Kawakubo: Hmm, aku penasaran. Bukannya saya pikir plot baru yang disarankan Pak Isayama itu buruk. Saya pikir mereka cukup menarik, tetapi untuk beberapa alasan, setelah saya membacanya, saya tidak bisa menghilangkan Attack on Titan dari kepala saya. Ketika saya bertanya apakah ada backstories tersembunyi yang dapat diserialkan, dia mengatakan dia benar-benar telah memikirkan hal itu dan menunjukkan kepada saya beberapa adegan di sana di tempat. Saya meminta kemudian bahwa kita melanjutkan dengan itu.

Isayama: Setelah saya berdiskusi dengan Pak Kawakubo, saya menemukan lebih banyak adegan di perjalanan pulang dengan kereta. Apa yang diperluas adegan itu adalah Attack on Titan saat ini.

"Aku sangat buruk dalam menggambar karakter"

Sekarang serial ini telah diserialkan selama delapan tahun, apakah ada yang berubah dari apa yang ingin Anda gambarkan di awal dan seperti apa sekarang?

Isayama: Pada awalnya, yang menarik bagi saya adalah kerangka manusia yang diburu hingga hampir punah oleh raksasa pemakan manusia. Seperti sesuatu yang keluar dari The Village atau The Mist. Itu, dan karena saya penggemar seni bela diri campuran, saya juga ingin menggambar para raksasa dalam pertarungan tangan kosong satu sama lain. Dan tidak seperti pertarungan panggung yang akan Anda lihat dalam gulat profesional atau Ultraman, baik — saya ingin menggambar pertarungan jujur ​​​​dengan dewa menggunakan gerakan logis yang bisa Anda gunakan untuk membunuh seseorang. Tapi kemudian, setelah saya menggambar beberapa adegan seperti itu dan saya mendapatkan dorongan dari sistem saya, saya menyadari bahwa saya sebenarnya tidak ingin melakukan itu semua [tertawa].

[Tertawa] Jadi bukan karakter manusianya tapi raksasa yang menjadi fokus ide di kepala Anda?

Isayama: Tepat sekali. Sejujurnya, saya tidak terlalu memikirkan karakter itu. Namun, sekarang, Eren, Mikasa, dan Armin pada dasarnya adalah Attack on Titan, jadi pada titik tertentu saya merasa bahwa karakternya menjadi lebih besar daripada para raksasa.

Mengapa Anda tidak berpikir bahwa karakter akan menjadi sangat penting?

Isayama: Bukan karena saya tidak menganggapnya penting, tetapi saya sangat buruk dalam menggambar mereka pada awalnya, dan saya menyadari bahwa itu adalah titik lemah saya. Tentu saja, saya merasa bahwa saya perlu membuat karakter yang menyenangkan, tetapi saya tidak pernah berpikir bahwa mereka akan tumbuh menjadi karakter seperti sekarang. Saya telah belajar untuk menyukai menggambar karakter sambil menggambar Eren dan teman-temannya, dan sekarang saya tidak merasa bahwa saya terlalu buruk dalam hal itu.


2

Karena Mr. Kawakubo bertanggung jawab untuk mengawasi serial tersebut, pengaruh macam apa yang dia miliki terhadapnya?

Isayama: Dia pada dasarnya mengajukan banyak pertanyaan tentang plot, draft kasar, dan yang lainnya yang saya ajukan, dan kemudian setelah itu, banyak poin dan masalah yang terungkap yang tidak saya pikirkan sepenuhnya. Biasanya, begitu saya selesai memikirkan sebuah cerita, saya terlalu percaya diri, jadi dia akan menunjukkan hal-hal yang tidak masuk akal [tertawa]. Tapi kemudian satu hari akan berlalu dan saya akan membacanya kembali dan berpikir, "Oh, dia benar." Itulah mengapa sekarang saya tidak menaruh banyak kepercayaan pada perasaan saya segera setelah saya menggambar sesuatu. Saya berpendapat bahwa seorang penulis yang melakukan itu memiliki terlalu banyak kepercayaan pada diri mereka sendiri sangat tidak berhubungan dengan pembaca mereka.

Kawakubo: Saya tidak yakin ini terkait, tapi saya sedang membaca buku ini berjudul Haruki Murakami: Wawancara Panjang, di mana Mieko Kawakami mewawancarai Haruki Murakami, dan di dalamnya, Murakami mengatakan itu tepat setelah Anda selesai menulis novel , Anda merasa seperti otak Anda terlalu terstimulasi dan Anda membutuhkan periode pendinginan untuk membuat keputusan yang berkepala dingin. Begitu saya membacanya, saya langsung teringat Pak Isayama.

Apakah hal seperti itu terjadi pada Anda?

Kawakubo: Kadang-kadang saya akan mendengarkan evaluasi dirinya tentang sebuah draft, Anda tahu, apakah dia puas atau tidak. Ketika kami melakukan ini, sebagian besar waktu, dia memberi saya "Saya tidak yakin, sekarang." Saya biasanya melakukan sedikit perencanaan sebelumnya, jadi saya akan menunjukkan beberapa hal yang saya perhatikan atau hal-hal yang ingin saya katakan, dan terlepas dari apakah dia setuju dengan saya atau tidak pada saat itu, dia akan berkata, "Saya mengerti. benar-benar apa yang Anda maksudkan. Saya akan memikirkan apa yang harus saya lakukan setelah saya tiba di rumah." Setelah itu, ketika dia meninjau draf kasar yang muncul, terkadang dia merenungkan mengapa saya menunjukkannya, dan di lain waktu dia akan mengabaikannya sama sekali. Saya serahkan semuanya pada kebijaksanaannya.

Jadi, apakah Anda akan mengatakan bahwa ceritanya telah berubah secara signifikan berdasarkan pendapat Tuan Kawakubo?

Isayama: Saya mencoba untuk melupakan kenangan yang lebih traumatis secepat yang saya bisa [tertawa], tapi dia mungkin menjadi sumber dari beberapa perubahan, ingatan saya tentang mereka hanya samar.

Kawakubo: Saya juga cepat lupa, jadi saya juga tidak bisa memastikannya, tapi sampai volume empat atau lima, saya ingat ada beberapa draft yang saya tolak setengah atau sama sekali. Kami berdua masih pemula saat itu dan dalam fase sangat ingin menjadi profesional yang memenuhi syarat, jadi kami melewati banyak suka dan duka bersama. Saat ini, mungkin ada hal-hal kecil, tetapi jarang ada perubahan besar.

Isayama: Oh, ada satu baru-baru ini. Saya mengubah struktur kesimpulan volume dua puluh dua secara signifikan berdasarkan instruksinya. Dalam draft kasar pertama yang buruk, saya benar-benar mengabaikan apa motivasi utama Eren. Akibatnya, dengan membangunnya kembali seperti yang disuruh Mr. Kawakubo, saya menjadi mengerti sendiri dan akhirnya saya sampai pada apa arti keberadaan Eren.

"Saya pikir itu rapi bahwa Levi adalah pria kecil yang sombong ini"

Karena Anda telah bekerja dengan begitu banyak mangaka, Tuan Kawakubo, apa yang menurut Anda unik tentang Tuan Isayama?

Interviewer/Author: Daisuke Okamoto
Photography: Naoki Yukioka
Translation: Matthias Hirsh
Interview was conducted in Japanese and has been edited for clarity.

sumber : https://myanimelist.net/featured/2376/The_Origins_of_Attack_on_Titan_with_Hajime_Isayama_and_Kawakubo

Images ©Hajime Isayama/Kodansha

Latest
Previous
Next Post »